728x90 AdSpace


Terbaru
Loading...
Wednesday, March 11, 2015

10 Bangunan Terbaik di Dunia pada 1 Dekade Terakhir

Pada saat ini, bangunan tidak hanya sebagai tempat berteduh dari terik matahari atau hujan, Bangunan sekarang sudah bertambah fungsi menjadi karya seni di tangan seorang arsitek. Dengan memberikan sisi artistik yang unik, bangunan yang semula hanya menyesuaikan dengan fungsinya, menjadi lebih enak dipandang.

Berikut adalah bangunan-banguan terbaik dalam 1 dekade terakhir.
1. Millenium Doom, London


Bangunan yang dibangun tahun 2000 ini adalah rancangan dari Richard Rogers Partnership dan engineers Buro Happold. Memiliki diameter 365 meter dan tinggi mencapai 100 meter.
2. Blur, Expo 02, Yverdon-les-Bains

Pavilion yang dibangun pada tahun 2002 ini didesain oleh arsitek-arsitek asal New York, Diller dan Scofidio. Bangunan yang dibangun di atas danau Neutchanel ini memiliki panjang 100 meter dan tinggi 20 meter. Bangunan ini juga memiliki 30 ribu water jet yang tak pernah berhenti menciptakan kabut.
3.Serpentine Pavilion, London

Pavilion yang dibangun dengan tujuan sebagai acuan arsitektur masa depan ini dibangun pada tahun 2002. Didesain oleh arsitek Toyo Ito dan engineer Cecil Balmond. Uniknya bangunan ini dibuat dengan batasan dinding, atap, lantai, dan exteriornya seolah menyatu.
4. 30 St Mary Axe, London

Bangunan yang dibuat pada tahun 2003 ini banyak pengagumnya tapi tidak sedikit juga yang mencemooh. Bangunan milik Norman Foster ini memiliki sky garden dan terdapat restoran ternama dunia.
5. European Southern Observatory Hotel, Cerro Paranal, Chili

"Hotel" yang dibangun untuk para ahli astronomi ini memiliki arsitektur yang indah yang digabungkan dengan landscape. Bangunan yang ditempati oleh astronomi yang bekerja di Gurun Atacama ini dibangun oleh praktisi Munich, Auer dan Weber, serta engineer Mayr dan Ludescher.
6. Beijing National Stadium, Beijing


Bangunan yang dibangun untuk acara Olympiade 2008 sekaligus Landmark dari acara tersebut memiliki kapasitas penonton mencapai 80 ribu tempat duduk. Bangunan ini didesain oleh arsitek-arsitek Swiss Herzog and de Meuron dan juga seniman Cina, Ai Weiwei.
7. Stasiun Kereta St Pancras, London

Stasiun ini adalah stasiun terbesar di dunia. Memiliki gaya arsitektur abad 19 yang digabungkan dengan kereta-kereta tercepat abad 21. Selain sebagai "rumah" bagi kereta-kereta cepat, stasiun ini juga memiliki hotel dan flat penthouse.
8. Le Viaduc de Millau, Aveyron

Jembatan yang didesain oleh engineer Michel Virlogeux dan Norman Foster ini membentang melewati lembah Tarn di Selatan Prancis. Sangat indah jika dilihat dari puncak lembah di sisinya, terutama saat jembatan diselimuti awan di musim panas.
9. Neues Museum, Berlin

Setelah ditutup tahun 1939, bangunan budaya ini dibuka dan kembali populer. Rekonstruksi 10 tahun dan didesain ulang  secara kompleks dan inteligent oleh arsitek Inggris David Chipperfield, yang tidak menghilangkan nuansa bangunan klasiknya meski harus disesuaikan perkembangan teknologi saat ini.
10. Burj Dubai, Dubai

Bangunan yang memiliki ketinggian 818 meter ini didesain oleh Adrian Smith da Bill Baker dari Chicago, al-Burj memiliki 160 lantai kamar hotel, apartemen gaya Armani dan perkantoran.
  • Komentar melalui Google
  • Komentar lmelalui Facebook

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: 10 Bangunan Terbaik di Dunia pada 1 Dekade Terakhir Rating: 5 Reviewed By: idussalam
Scroll to Top