728x90 AdSpace


Terbaru
Loading...
Thursday, March 26, 2015

Pesawat-Pesawat dengan Desain Unik

Dunia penerbangan merupakan dunia penuh dengan inovasi. Hal ini dilakukan untuk menjawab harapan dan keperluan dunia terhadap teknologi ini. Kecepatan, stabilitas, keamanan dan lainnya merupakan hal-hal yang selalu menjadi inovasi dalam teknologi penerbangan.

Namun, dibalik inovasi-inovasi yang menjawab harapan banyak orang, banyak juga inovasi di dunia penerbangan yang dianggap tidak biasa. Berikut adalah daftar pesawat dengan desain yang unik.

Blohm & Voss BV 141 (tahun 1938)

Pesawat pengintai buatan Jerman ini terlihat sangat aneh. Desainnya yang tidak seperti pesawat-pesawat lain yang selalu simetris antar sisinya, tapi hal itu tidak berlaku untuk Blohm & Voss BV 141 ini. Namun meskipun pesawat ini dapat berfungsi dengan baik layaknya pesawat lain, pesawat yang dibuat pada tahun 1938 ini tidak pernah diproduksi dalam skala banyak karena sulitnya mencari mesin pesawat yang sama dan persaingan dengan produsen pesawat pengintai lainnya.

DouglasXB-42 Mixmaster (tahun 1944)

Pesawat DouglasXB-42 Mixmaster adalah pesawat pengebom eksperimental. Pesawat ini dirancang untuk pengeboman kecepatan tinggi. Desain ini memungkinkan untuk pesawat dengan mesin baling-baling untuk terbang dengan kecepatan tinggi. Pesawat ini memiliki dua baling-baling yang saling berdempetan di bagian ekor. 

Namun pada akhirnya pesawat ini tidak dikembangkan karena pada akhir Perang Dunia II muncul teknologi jet yang bisa terbang lebih cepat dari teknologi yang dimiliki  DouglasXB-42 Mixmaster.

 Stipa-Caproni (tahun 1932)

Pesawat hasil eksperimen Italia yang dirancang pada tahun 1932. Pesawat ini dirancang oleh Luigi Stipa dan dibangun oleh Caproni. Pesawat yang biasa dipanggil Caproni Stipa ini memiliki badan yang besar seperti gentong. Baling-balingnya yang terletak pada rongga badannya dan tertutup oleh permukaan badan pesawat tersebut.

Meskipun pesawat ini tidak terus dikembangkan, tapi pesawat ini adalah titik awal dari terciptanya mesin jet.

North American XF-82 Twin Mustang(tahun 1946)
Pesawat yang desainnya adalah 2 pesawat P-51 Mustang yang dijadikan 1 ini, adalah pesawat dengan 2 pilot di kedua kabinnya. Hal ini dilakukan untuk menambah kekuatan karena ada 2 orang pilot di dalamnya.Pesawat ini dibuat untuk pengawasan jarak jauh pada Perang Dunia II. Namun saat itu Perang Dunia II berakhir sebelum pesawat ini selesai pembuatannya.

Beriev Be-200 Seaplane (tahun 1998)

Sebuah pesawat amfibi multi fungsi buatan Russia, Pesawat ini juga pernah ikut membantu pencarian Air Asia QZ8501 kemarin. Pesawat ini dirancang oleh Beriev Aircraft Company dan diproduksi oleh Irkut.Pesawat ini dapat digunakan untuk pemadam kebakaran , pencarian dan penyelamatan , patroli maritim , kargo, dan transportasi penumpang. Dengan badan yang besar, pesawat ini memiliki kapasitas 12 ton (12.000 liter, 3.170 galon AS) air, atau sampai dengan 72 penumpang.

  • Komentar melalui Google
  • Komentar lmelalui Facebook

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Pesawat-Pesawat dengan Desain Unik Rating: 5 Reviewed By: idussalam
Scroll to Top