728x90 AdSpace


Terbaru
Loading...
Saturday, March 14, 2015

Ingatkah, kalo Iklan-iklan ini Pernah Fenomenal di Indonesia?

Televisi masih menjadi sarana hiburan yang populer di Indonesia. Sehingga iklan di televisi masih menjadi metode promosi yang dipilih oleh perusahaan-perusahaan nasional. Dengan pemasang iklan yang semakin hari semakin banyak bersaing, maka para pemasang iklan harus kreatif sehingga dapat menarik para penonton.

Berikut adalah beberapa iklan yang pernah fenomenal di Indonesia. Ada yang memang ide ceritanya kreatif, ada pula yang fenomenal karena dijadikan plesetan oleh para netizen. CEKIDOT!

1. Mastin

Tentu kita akan ingat dengan tagline "Mastin good!". Iklan yang pernah fenomenal beberapa bulan di akhir-akhir tahun 2014 ini. Iklan ini memiliki lagu dan lirik yang mudah sekali diingat oleh penonton. Selain itu, lirik dari iklan ini banyak dibuat parody-nya sampai memenya. Bahkan banyak menjadikan guyonan untuk menjahili orang lain. Bahkan presiden Indonesia saat itu, SBY, pernah terkena guyonan ini. Entah akun itu benar atau palsu, namun hal itu menjadi fenomenal.
Selain itu juga, model iklan yang banyak dibilang cantik juga menjadi perhatian para penonton, khususnya para netizen.

2. Close up "Titanium"

Awalnya iklan ini tidak menjadi perhatian, karena iklannya memang seperti iklan pada umumnya. Namun, awal iklan pasta gigi yang menggunakan lagu Titanium dari David Gueta ft SIA ini fenomenal disebabkan karena ada orang yang tidak dikenal merequest lagu tersebut di Facebook. Karena ia tidak tau judul dari lagu itu, maka ditulisnya lirik yang dia tau. Entah kenapa, lirik yang dia tulis sangat jauh sekali dengan lirik yang sebenarnya.

3. Djarum 76 "Wani Piro?"

Iklan yang sebenarnya terinspirasi dari cerita alladin, namun jin yang keluar adalah jin versi jawa. Konsep iklan yang menjadi salahsatu andalan dari Djarum 76 ini, menceritakan tentang seseorang yang memohon untuk menghapuskan korupsi, pungli, dan sogokan di dunia. Namun sang jin menjawab "Wani Piro?" yang berarti "berani (bayar) berapa?". Tema iklan ini sesuai dengan kondisi saat itu yang sedang marak-maraknya kasus korupsi di Indonesia.

Iklan ini juga semakin populer karena banyak orang yang menjadikannya bahasa sehari-hari dan menjadikannya candaan berupa gambar meme dan yang lainnya. Berikut kutipan percakapan dari iklan tersebut.
Jin : Ku beri satu permintaan…. monggo
Pemuda : Korupsi, pungli, sogokan ilang dari muka bumi!!! Bisa jin?
Jin : Bisa diatur… Wani piro?

4. Djarum 76 "Pengen Eksis"
Lagi-lagi Djarum 76 membuat iklan yang ringan namun kreatif. Menyusul kebijakan baru mengenai label peringatan pada produk rokok yang mengalami perubahan di Indonesia. Iklan yang dibuat kali masih tentang "om jin" yang memberikan kesempatan mengajukan permintaan pada "korban"-nya. Permintaan kali ini sang korban ingin eksis dan terkenal. Namun yang berbedanya dari iklan ini, sang jin mewujudkannya. Namun bukan iklan Djarum 76 kalau tidak nyeleneh. Iya sih si korban eksis, namun eksisnya di gambar peringatan merokok terbaru.

5. Klinik Tong Fang
Iklan klinik juga sempat menjadi trending topik, banyak para pengguna media sosial yang memplesetkan atau mem-parody-kan ikan ini. Yang membuat perhatian adalah pendapat para pasien yang mengaku sembuh total setelah berobat di klinik Tong Fang dengan iklan yang dikemas dengan sangat sederhana dan kurang profesional seperti iklan TV nasional pada umumnya.

6. Oreo versi Afika
Hal yang menjadi perhatian dari iklan ini adalah sosok anak kecil bernama Afika yang lucu. Dengan aktingnya yang lucu dan polos membuat banyak penonton tertarik.

Si menggemaskan Afika ini wajahnya memang sangat lucu, berkat iklan Oreo ini dia menjadi terkenal lho. Ekspresinya yang polos dan menggemaskan ini berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia. Masih ingat gak dialog antara Afika dan temannya.
Temannya : Afika……
Afika : Iya….
Temannya : Ada yang baru nih….
Afika : Apa?

7. Kartu As “Aku Gak Punya Pulsa” 
Iklan yang dibintangi oleh Sule ini menceritakan tentang sepasang remaja yang bertengkar ditengah hujan. Pertengkaran yang disebabkan oleh kesalahpahaman pada umumnya yang terjadi pada proses pacaran remaja. Kalimat yang terkenal dari tayangan iklan ini adalah ucapan si pria saat meminta maaf dan mengatakan “Aku Gak Punya Pulsa”.
Cowok : Please jangan tinggalin aku lah
Cewek : Apa susahnya ngomong? SMS gak pernah… telepon gak pernah…
Cowok : Aku gak punya pulsa…

8. Axis "Hap-hap"
Yang ini juga banyak versinya pada intinya ada cowok berbadan gemuk yang ingin sekali menjadi kiper bernama Hap namun belum terlaksana. Ada yang versi pada ujungnya menjadi pemandu sorak, ada yang bersama Uje dan The Changcuters. Hingga akhirnya Hap berhasil mendirikan Hap Academy

Lirik yang bikin fenomenal adalah “Hap hap hap hap tangkap tangkap”

9. Mie Sedaap "Sudah Makan Dulu Sana!"

Iklan yang satu ini menceritakan tentang anak SD yang memelihara ayam di rumah nenek nya. Dia begitu sayang sekali dengan ayamnya. Namun sepulang dia sekolah, ayam-ayam nya ternyata sudah tidak ada. Dia pun bertanya pada sang nenek dengan dialek khas nya.
Adi : Nek ayam-ayamku mana…??
Nenek : Udah makan dulu sana! Ada mie ayam spesial tuh

10. Hexos “Mama, Pulang Yuk”

Cerita dari iklan ini adalah seorang suami mangajak istrinya pulang dengan suara yang biasa-biasa saja, namun istrinya yang terlalu asyik belanja dengan teman-temannya menghiraukannya begitu saja. Sang suami pun memakan permen HEXOS, Ajaibnya, setelah makan Hexos suara sang suami berubah menjadi keren alias cowok banget. Suaranya itu pun sampai membuat sang istri dan perempuan-perempuan lain yang sedang asyik berbelanja pun menoleh.
Mama, pulang yuk!!
Mau ikut, ikut
11, Biskuat "Kenapa?"

Iklan kali ini lagi-lagi menampilkan ekspresi polosnya seorang anak kecil. Anak kecil yang serba ingin tau ini terus bertanya "kenapa" ketika kakaknya menjelaskan tentang manfaat dari Biskuat.

Apakah masih ada iklan TV yang lebih fenomenal menurut kamu? Silahkan tuliskan di komentar ya. Ditunggu :-).
  • Komentar melalui Google
  • Komentar melalui Facebook

2 komentar:

Item Reviewed: Ingatkah, kalo Iklan-iklan ini Pernah Fenomenal di Indonesia? Rating: 5 Reviewed By: idussalam
Scroll to Top