728x90 AdSpace


Terbaru
Loading...
Wednesday, March 11, 2015

Hampir Semua Orang Modern Terjangkit 6 Ganguan Psikologis Ini

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) pada masa sekarang menyebabkan semua hal yang kita lakukan tergantung dengan produk teknologi. Baik saat bekerja maupun saat bergaul, tak terlepas dari peran gadget dan produk teknologi lainnya. Kegiatan sosial yang dahulu berupa pertemuan dan bercengkrama sekarang berubah menjadi menatap layar dan bertukar pesan. 

Hal ini perlu disikapi dengan serius, karena jika kita sulit beradaptasi dan mensikapinya akan timbul gangguan psikologis yang sangat serius tanpa kita sadari. 

Banyak gangguan-gangguan psikologis yang disebabkan oleh pesatnya perkembangan teknologi dan semakin dimanjakannya manusia dengan teknologi. Berikut adalah beberapa gangguan psikologis yang sering terjadi pada manusia modern sekarang ini.

1. Sifat Menunda

"Jika besok masih memungkinkan dikerjakan, kenapa mesti dikerjakan sekarang?". Mungkin itu kalimat yang sering kita ungkapkan dalam diri kita saat kita menghadapi sebuah pekerjaan dan tugas. Menurut penelitian dari Profesor Piers Steel School of Business, University of Calgary, Kanada, menunjukkan bahwa lebih dari 80% pekerja kantor mengaku suka menunda.

Penderita gangguan ini sering sekali bertekad dalam dirinya untuk menyingkirkan kebiasaan ini, namun sering berujung pada kegagalan. Salah satu cara penanggulangannya adalah dengan cara mematikan ponsel / gadget kamu dan mulai fokus pada pekerjaan. Karena disadari atau tidak, gadget adalah salah satu pemicu kita untuk menunda-nunda pekerjaan. Jika sebuah tugas kecil atau sebagian tugas sudah selesai, istirahatlah sejenak sebelum melanjutkan sebagai hadiah dari keberhasilan kamu.

2. Ketergantungan terhadap ponsel /gadget

Penyakit kecanduan terhadap ponsel adalah sebuah gangguan psikologis yang terjadi baru-baru ini. Gangguan ini sering menjangkit para siswa remaja. wanita karir, bahkan sampai seorang petinggi diperusahaan.

Seseorang dapat dikatakan terjangkit gangguan ini adalah seseorang yang hampir tidak dapat meninggalkan ponselnya, lebih sering memelototi ponselnya, dan jika ponselnya beberapa saat tidak berdering dia akan menganggap ponselnya bermasalah, atau bahkan sering tertipu ketika mendengar dering ponsel orang lain adalah dering ponselnya. Selain itu, penderita gangguan ini juga hampir di setiap waktu luangnya sering digunakan untuk memainkan ponselnya tanpa sengaja atau tanpa dia inginkan. Sehingga dapat dikatakan ponselnya telah "membelenggu" kehidupannya.

Para ahli Jepang menyarankan tiga tips untuk menjauhi kecanduan dari ponsel.  Kurangi penggunaan ponsel, misalnya ketika keluar rumah jangan membawa charger ponsel. Matikan fungsi pemberitahuan tidak penting pada ponsel, seperti pemberitahuan game dan aplikasi sosial media. Mengatur password yang kompleks, bisa membuat orang merasa kesulitan dalam membuka ponsel melalui password.

3. Tidur Larut Malam

Disadari atau tidak, peran gadget menyita banyak waktu bahkan waktu tidur kita pun terganggu. Sebelum tidur sering kita memeriksa gadget dengan alasan "hanya cek sebentar, lalu tidur". Namun pada kenyataannya tidak demikian. Karena menarik dan terstrukturnya teknologi informasi sekarang, sehingga membuat penggunanya tanpa sadar terbuai di dalamnya dengan informasi-informasi yang sebenarnya tidak penting.

Banyak orang setelah lelah bekerja seharian, tapi sesampainya di rumah rasa mengantuk itu berubah menjadi bersemangat. Mulai main internet, bermain game, menonton film, chatting, dan dini hari baru pergi ke tempat tidur.

Ahli psikologi menunjukkan orang-orang dengan gangguan tidur pada malam hari, di dalam karakternya rentan terhadap kebiasaan menunda pekerjaan dan membentuk kebiasaan molor pada pekerjaan dan belajar, sehingga sampai saat terakhir bakal tidak menyelesaikan tugas.

4. Galau

Adanya sosial media diikuti dengan budaya yang berubah membuat orang-orang sekarang tidak tegar dan cenderung mengeluh. Sosial media yang awalnya dibuat untuk tempat berhubungan sosial berubah fungsi jadi tempat mengadu, tempat mengeluh, dan tempat curhat. Semakin hari, karena sering mengeluh ketika ada masalah, menyebabkan manusia sekarang mudah sekali galau meskipun karena hal yang sebenarnya sepele. 

5. Penyakit tua awal

"Penyakit tua awal" bukanlah fenomena normal, hal itu terutama bersumber dari tekanan sosial yang besar dan kapasitas mental orang muda yang telah menjadi lemah, berkaitan dengan psikologis ingin menghindari sesuatu. Selain itu, ketidakseimbangan nutrisi, kebiasaan hidup yang buruk dan fungsi penurunan fisik juga merupakan salah satu penyebab. Pada kenyataannya, ketika menghadapi masalah, secara berani bertanggungjawab dan berusaha dengan gigih mengatasi kesulitan, baru bisa mencapai nilai perwujudan diri.

6. Fobia memilih

Sebuah survei dari Amerika Serikat menunjukkan, orang setiap hari harus melakukan sekitar 70 pilihan, banyak orang penuh keraguan sebelum memilih, dan tidak dapat memutuskan. Peluang untuk memilih menjadi banyak. Semestinya ini adalah hal baik, namun bagi sebagian orang, hal itu malah merupakan semacam rasa sakit dan penderitaan. Orang dengan fobia memilih adalah orang yang sangat perfeksionis, mereka akan memaksa diri sendiri harus melakukan pilihan tunggal, dan harus merupakan pilihan ideal yang paling maksimal.

Dianjurkan ketika menghadapi pilihan, Anda harus memahami kebutuhan riil diri sendiri, tingkatkan rasa keamanan pribadi, beri implikasi psikologis yang positif kepada diri sendiri, jangan melakukan segala sesuatu dengan mengejar kesempurnaan. Pertama, analisis diri mengapa takut memilih, kemudian harus sesuai dengan analisa diri sendiri, untuk melakukan perubahan dan memperbaiki diri.
  • Komentar melalui Google
  • Komentar lmelalui Facebook

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Hampir Semua Orang Modern Terjangkit 6 Ganguan Psikologis Ini Rating: 5 Reviewed By: idussalam
Scroll to Top