728x90 AdSpace


Terbaru
Loading...
Friday, March 20, 2015

Kamu Cowok?Fakta-fakta PMS ini bikin Kamu lebih mengerti si Dia

Masa-masa menjelang menstruasi adalah masa darurat bagi cewek. Fenomena sebelum kedatangan tamu bulanan yang kerap dikenal dengan Pre-Menstruation Syndrome (PMS) bisa menjungkir balikkan dunia para wanita.

Emosi yang naik-turun, nafsu makan yang aneh sampai rasa nyeri dan sakit di badan sudah jadi hal yang wajar menyapa cewek di seluruh dunia. Perubahan hormon jadi penyebab utama semua keganjilan ini. Kamu mau tahu apa yang dirasakan sama cewek yang lagi PMS? Mau tau gimana cara ngadepin cewek yang lagi PMS? Kalau jawabanmu “iya”, kamu wajib baca artikel ini.

Nafsu Makan Cewek Meningkat, Lapar Setiap Saat
Liat cewek kamu tiba-tiba banyak makan kayak belum makan seminggu? Jangan aneh dan kaget. Itu tandanya si dia akan datang bulan.

Rasa lapar pada perempuan yang akan datang bulan disebabkan oleh menurunnya kadar gula pada darah. Sehingga butuh asupan makan yang lebih. Nah itu yang menyebabkan si dia keliatan kelaparan.

Ngidam Makanan-makanan Yang Gak Lazim
Menurut dr. Karno Soeprapto, Sp. Og., ketidakseimbangan hormon saat akan datang bulan menjadi biang keladi yang membuat para perempuan tiba-tiba craving menjelang datang bulan. Hormon progesterone yang dominan dalam tubuh yang membuat kita berubah menjadi sosok yang “buas”.

Selain "buas", perubahan hormon juga menyebabkan perempuan kurang nyaman. Sehingga mencari hal yang lebih nyaman dengan memakan makan yang teringat pada benaknya. Makanya jangan aneh jika cewek kamu tiba-tiba minta yang aneh-aneh kayak ibu-ibu ngidam.

Emosi tidak Stabil
Saat menjelang PMS, perempuan biasanya memiliki emosi yang tidak stabil. Kadang merasa tiba-tiba senang, namun tak jarang mudah tersinggung dan mudah marah. Hal itu bisa terjadi tanpa sebab yang jelas. Hal itu disebabkan karena ada respon pada sel otak yang disebut GABA.

Fungsi sel GABA pada otak adalah untuk mengontrol perasaan seperti kecemasan dan stress. Pada perempuan yang menjelang PMS, reseptor GABA akan dirubah oleh hormon progesteron. Perubahan tersebut menyebabkan sel GABA sulit mengontrol perasaan, sehingga meningkatlah kecemasan dan stress pada perempuan yang menjelang PMS.

Mudah Lelah
Cewek kamu kurang semangat saat menjelang PMS? Terlihat lelah meskipun masih pagi? Jangan aneh.

Kelelahan pada perempuan yang akan atau sedang PMS disebabkan karena rendahnya level energi pada tubuh. Hal ini disebabkan oleh terjadinya fluktasi kadar hormon.
  • Komentar melalui Google
  • Komentar lmelalui Facebook

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Kamu Cowok?Fakta-fakta PMS ini bikin Kamu lebih mengerti si Dia Rating: 5 Reviewed By: idussalam
Scroll to Top