728x90 AdSpace


Terbaru
Loading...
Wednesday, March 11, 2015

Di Indonesia,Benda-benda ini Lebih Dikenal dengan Nama Mereknya

Tip-EX / Tipp-EX

Nama benda ini sebenarnya correction pen atau correction fluid namun kita lebih mengenalnya dengan sebutan Tip-EX atau Tipe-X atau Tipp-EX. 

Alat ini ditemukan oleh Bette Nesmith Graham(1922-1980). Ia ingin sekali menjadi seorang pelukis. Ceritanya pada tahun 1950-an, ia bekerja sebagai sekretaris. Saat membuat kesalahan menulis, ia menggunakan cat putih yang biasa digunakan untuk melukis untuk menutup kesalahannya. Orang-orang di kantornya pun ingin ia membuat benda seperti itu untuk mereka. Maka ia mengambil sebuah botol hijau di rumahnya dan memberi label Mistake Out. Pada 1956, ia mendirikan Mistake Out Company dan memproduksi alat ini. Bisnisnya semakin berkembang dan nama perusahaan diubah menjadi Liquid Paper. 

Indomie

Di Indonesia, tanpa mempedulikan merek mi instan, orang akan menyebut Indomie yang merujuk pada mi instan. 

Indomie yang telah dipasarkan sejak tahun 1972 memang merupakan merek mi instan nomor 1 di Indonesia. Meski banyak merek lain bermunculan, namun kepemimpinan produk PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk ini di industri mi instan tak dapat diragukan lagi. Pilihan rasa yang melimpah (lebih dari 40 jenis termasuk rasa masakan daerah, kemasan jumbo, dan bentuk mi yang bermacam-macam) dan mudah diperoleh membuat merek ini sangat laku. Setiap orang mau membeli mi instan pasti akan menyebut Indomie. Bahkan muncul istilah Warung Indomie untuk menyebut warung yang menyediakan menu mi instan(meski pun bukan bermerek Indomie)dan menu Internet(Indomie Telor Kornet). Liem Sioe Liong atau Sudono Salim adalah orang di balik kesuksesan Indomie. Tahun 1988, Indomie mulai diekspor ke Nigeria dan sejak saat itu Indomie juga tersedia di luar negeri seperti Malaysia, Cina, Jepang, Hong Kong, Amerika Serikat, Nigeria, dan Belanda.

Aqua


Ya, Aqua adalah merek generik untuk produk air minum dalam kemasan di Indonesia. Tak peduli mereknya Aqua, Ades, Cleo, Prima, atau apapun pasti akan disebut Aqua. Merek ini pertama kali diproduksi tahun 1973 oleh Tirto Utomo, mantan karyawan Pertamina dan Petronas untuk memenuhi kebutuhan air minum ekspatriat asing di Indonesia yang tak biasa meminum air yang dimasak. Tahun 1998, Aqua diakuisisi oleh Danone asal Prancis.

Odol/Pepsodent

Kita biasa menyebut pasta gigi sebagai Odol manakala odol sebenarnya adalah merek pasta gigi Jerman yang pernah beredar di Indonesia sekian puluh tahun silam yang diciptakan oleh Karl August Lingner pada 1892. Selain odol, Pepsodent juga menjadi merek generik untuk pasta gigi karena produk Unilever ini adalah merek pasta gigi dengan penjualan nomor satu di Indonesia.

Baygon


Di Indonesia, Baygon yang dulu merupakan produk Bayer dari Jerman (kini produk SC Johnson) adalah merek generik untuk obat nyamuk baik yang bakar maupun cairan. Sehingga merek ini sering disebutkan untuk pengganti penyebutan obat anti nyamuk. Sering kita dengar, "Seseorang bunuh diri dengan meminum baygon".

Sanyo

Untuk pompa air,di Indonesia merek yang terkenal adalah Sanyo. Meski ada juga merek lain seperti Shimizu dan Wasser namun tetap saja pompa air sudah berasosiasi dengan Sanyo

Levis/Levi's

Untuk celana jeans, meski tidak sepenuhnya, telah berasosiasi dengan Levi's karena memang Levi's-lah yang mempelopori celana jeans yang awalnya hanya untuk pakaian penambang emas. Bahkan jasa keliling yang diberikan abang-abang untuk memperbaiki celana jeans disebut Permak Levis.

Pamper's


Popok bayi sudah terasosiasi dengan merek Pampers. Mau itu mereknya Pampers, Mamy Poko, atau apapun. Bahkan Pampers pun juga disebut dalam acara televisi meski Pampers tidak menjadi sponsornya.

Betadine

Obat merah? Mungkin ada yang familiar dan tidak. Iodin Povidon? mungkin lebih sedikit lagi yang familiar. Tapi kalau Betadine, semua orang pasti tahu. Padahal Betadine adalah merek obat luka(juga plester luka)paling terkenal di Indonesia juga dunia. Pertama kali, bahan ini digunakan sebagai obat luka pada tahun 1955 dan terus menjadi pilihan utama antispetik hingga sekarang.

Paralon

Benda ini lebih sering kita sebut Paralon, padahal ada juga merek Wavin yang cukup terkenal dan banyak digunakan. Paralon adalah salah satu merek pipa PVC yang cukup terkenal di dunia.

Di atas adalah 10 benda yang lebih dikenal nama mereknya dibandingkan nama bendanya itu sendiri. Jangan lupa kunjungi juga Benda-benda ini Lebih Dikenal dengan Nama Mereknya versi kedua.
  • Komentar melalui Google
  • Komentar lmelalui Facebook

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Di Indonesia,Benda-benda ini Lebih Dikenal dengan Nama Mereknya Rating: 5 Reviewed By: idussalam
Scroll to Top