728x90 AdSpace


Terbaru
Loading...
Wednesday, April 29, 2015

9 Fungsi Silica Gel yang Bermanfaat untuk Anda

Silica Gel atau Gel silika adalah butiran seperti kaca dengan bentuk yang sangat berpori, silika dibuat secara sintetis dari natrium silikat. Walaupun namanya, gel silika padat. Gel silika adalah mineral alami yang dimurnikan dan diolah menjadi salah satu bentuk butiran atau manik-manik. Sebagai pengering, ia memiliki ukuran pori rata-rata 2,4 nanometer dan memiliki afinitas yang kuat untuk molekul air.

Silica Gel dapat mencegah terjadinya kelembaban dengan cara menyerap kelembaban oleh butiran silika, namun tidak membuat butiran silika berubah dan tetap kering. Silica Gel ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yang memerlukan kondisi kering. Seperti makanan agar tetap kering dan tidak melempem, atau alat-alat elektronik yang akan rusak jika disimpan dalam udara lembab.

Selain fungsi-fungsi di atas, ada lagi pemanfaatan silica gel yang bisa kita lakukan. Berikut adalah beberapa pemanfaatan silica gel untuk kehidupan sehari-hari.

Menjauhkan Tas Olahraga dari Bau yang Tidak Sedap

Tas olahraga merupakan tas memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena isi tas yang berupa pakaian berkeringat, handuk, dan sepatu olahraga yang menyebabkan lembab. Tak jarang kelembaban itu menyebabkan bau yang tidak sedap akibat tumbuhnya bakteri bercampur juga dengan bau keringat dan bau yang lainnya. Meskipun isi dari tas sudah dikeluarkan, bau itu akan tetap ada karena kondisi tas dalam keadaan lembab.

Silica Gel dapat menjauhkan Tas Olahraga dari bau yang tidak sedap ini. Dengan fungsinya yang dapat menyerap kelembaban, membuat tas tetap kering dan mencegah munculnya bakteri yang membuat bau tidak sedap.

Menjaga Benih Tetap Kering

Dalam menyimpan benih tanaman dianjurkan untuk disimpan di tempat yang kering. Karena jika disimpan pada ruangan yang lembab akan menyebabkan benih tersebut cepat busuk. 

Untuk membuat benih tetap kering, anda dapat menggunakan Silica Gel agar kondisi benih benar-benar terhindar dari udara lembab yang menyebabkan benih tersebut busuk.

Mencegah Perabotan dari Karat

Kondisi lembab juga menjadi musuh bagi banyak peralatan, khususnya peralatan yang terbuat dari logam. Karena udara lembab menyebabkan logam mengalami oksidasi yang biasa dikenal dengan berkarat. 

Tentunya kita tidak ingin perabotan kita cepat berkarat dan rusak. Cukup tambahkan Silica Gel pada kota perabotan anda, maka perabotan anda akan terhindar dari karat.

Membuat Peralatan Fotografi Tetap Kering

Kita tentu tidak ingin jika kamera dan peralatan fotografi kita ditumbuhi jamur. Karena jamur pada kamera SLR biasanya tidak pandang bulu, baik itu kamera berharga standar maupun yang puluhan juta tidak terbebas dari ancaman jamur. Hal ini menyebabkan fungsi dari kamera terganggu bahkan dapat menyebabkan kerusakan.

Jamur-jamur yang tumbuh pada kamera anda disebabkan oleh kondisi lembab maupun basah. Untuk membuat Peralatan Fotografi anda tetap kering dan terhindar dari jamur, maka bisa diberikan Silica Gel, baik pada tas atau tempat penyimpanan yang lain. Sehingga peralatan fotografi anda dapat terhindar dari lembab dan jamur.

Menghilangkan Bau pada Buku Tua

Bau pada buku-buku tua memang bau yang khas yang sulit dihilangkan. Bau ini biasanya terdapat pada buku-buku yang disimpan lama pada tempatnya dan jarang sekali dibuka atau dibersihkan. Hal ini disebabkan karena kelembaban udara di tempat penyimpanan buku yang menyebabkan buku ikut lembab dan memunculkan "bau buku tua".

Bagi anda yang tidak suka dengan bau buku tua ini, anda dapat menambahkan beberapa bungkus Silica Gel pada lemari penyimpanan buku anda. 

Membuat Lemari Baju tetap Kering

Sering kita temukan baju-baju bersih yang ada di lemari ternyata berjamur dan lembab. Tentu kondisi ini membuat baju rusak dan bau. Bahkan jika pada baju putih, jamur-jamur ini meninggalkan noda yang sulit dihilangkan.

Bagi anda yang ingin membuat lemari baju anda tetap kering dan menghindari tumbuhnya jamur pada baju anda. Anda dapat tambahkan beberapa bungkus Silica Gel untuk membuat lemari anda tetap kering.

Membuat Pisau Cukur lebih Tahan Lama

Pisau cukur adalah peralatan wajib pria dewasa agar tetap berpenampilan rapi dan tampan. Alat ini terdiri dari beberapa lapis pisau tajam pada bagian kepalanya untuk mencukur. Pisau-pisau ini harus dalam kondisi tajam untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, tajamnya pisau cukur ini dapat berkurang jika disimpan pada tempat yang basah dan lembab. Hal ini disebabkan terjadinya korosi pada pisau sehingga membuatnya tumpul.

Bagi anda yang ingin menjaga pisau cukur anda lebih tahan lama, anda dapat simpan pisau cukur anda dalam tupperware kering dengan bungkusan silica gel di dalamnya.

Mengeringkan Handphone yang Basah

Handphone adalah alat komunikasi yang hampir sering digunakan oleh manusia. Pada zaman sekarang, hampir dalam kondisi apapun manusia tidak luput dari gadget yang satu ini. Bahkan di kamar mandi sekalipun. Beberapa survei membuktikan jumlah orang yang mempergunakan handphone di kamar mandi sangat banyak. Hal ini dapat menyebabkan meningkatnya kemungkinan handphone basah akibat tangan pengguna maupun basah akibat tercebur.

Nah bagi anda yang handphonenya basah, banyak tips untuk mengeringkan handphone anda. Ada yang menyarankan untuk dijemur, ada pula yang menyimpannya dengan beras. Silica Gel juga dapat dipergunakan untuk pengering handphone anda sebagai pengganti beras.

Menghilangkan Uap pada Kaca Mobil

Uap pada kaca mobil tentu sangat mengganggu pandangan pengemudi saat mengemudikan kendaraan. Uap ini disebabkan perbedaan suhu di luar dan di dalam kendaraan sehingga menyebabkan kondisi lembab. Biasanya uap ini terbentuk saat kondisi di luar sedang hujan atau dingin.

Silica gel ternyata dapat membantu menghilangkan uap yang terdapat pada kaca mobil anda. Cukup simpan beberapa bungkus silica gel pada dasbor mobil anda, maka anda akan terhindar dari uap yang mengganggu pandangan anda.

Membuat Album Foto anda tetap Aman

Album Foto adalah kenangan-kenangan yang diabadikan dalam bentuk gambar. Foto-foto ini rentan sekali rusak, baik tinta yang luntur, atau saling menempel akibat suhu udara yang lembab. Hal ini tentu sangat tidak diinginkan.

Untuk membuat album foto anda tetap terjaga aman, maka anda dapat tambahkan beberapa silica gel pada tempat penyimpanan album foto anda.
  • Komentar melalui Google
  • Komentar lmelalui Facebook

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: 9 Fungsi Silica Gel yang Bermanfaat untuk Anda Rating: 5 Reviewed By: idussalam
Scroll to Top