728x90 AdSpace


Terbaru
Loading...
Friday, March 20, 2015

Di Indonesia,Benda-benda ini Lebih Dikenal dengan Nama Mereknya (3)

Molto
Untuk kategori pelembut pakaian, merek Molto dari Unilever sepertinya sudah cukup terkenal. Meski ada juga merek lain seperti So Klin bahkan Downy yang juga diproduksi Unilever, orang masih saja menyebut Molto untuk merek pelembut pakaian.

Blue Band
Lagi-lagi Unilever mengukukuhkan dominasinya dalam brand imaging(pencitraan merek). Kali ini lewat produk margarinnya, Blue Band yang telah menjadi merek generik untuk produk margarin di Indonesia. Blue Band pertama kali hadir di Indonesia tahun 1923.

Kodak
Dahulu, kamera sering disebut Kodak karena Kodak adalah perusahaan yang membuat kamera menjadi barang yang terjangkau seperti sekarang. Eastman Kodak didirikan oleh George Eastman pada 1888 dan sempat mendominasi pasar fotografi global di tahun 1970-an sebelum mengalami penurun drastis di tahun 1990-an akiabt ketidakmampuan mengikuti tren digital. Sekarang popularitas perusahaan film kamera analog seperti Kodak, Fujifilm, Konica, dan Leica sudah tergerus akibat beragam dan murahnya hape berkamera. Bahkan popularitas merek kamera digital seperti Canon, Nikon dan Olympus juga tergerus. Kini, hanya fotografer amatir maupun profesional yang masih memakai kamera SLR, DSLR, kamera digital biasa atau bahkan kamera analog dalam melakukan kegiatan fotografi karena kualitas gambar yang lebih baik ketimbang kamera hape, kepuasan yang diraih, dan nostalgia saat kamera biasa masih mendominasi.

Jeep
Mobil ini lazim disebut mobil jip atau jeep mengacu kepada produsen mobil Jeep asal Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada 1941 dan dimiliki oleh Fiat Chrysler. Mobil ini identik dengan dunia kemiliteran dan petualangan.

Youtube

Ya, situs YouTube sudah menjadi merek generik untuk layanan berbagi video dalam jaringan(online video sharing)dan mengalahkan pesaingnya seperti Vimeo dan Dailymotion secara telak.

Situs yang didirikan oleh 3 mantan karyawan Pay Pal, yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim pada Februari 2005 ini diakuisisi Google dengan nilai US$1,65 miliar pada November 2006. Konon durasi video yang diunggah ke situs ini setiap menit mencapai 72 jam! Video dengan jumlah penonton terbanyak di YouTube sejauh ini adalah Gangnam Style milik penyanyi dan rapper asal Korea Selatan, PSY yang sejak 15 Juli 2012 sudah ditonton 2.237.601.797 kali(per 11 Februari 2015 pukul 15.00 WIB). Video pertama yang diunggah ke YouTube berjudul Me at the Zoo yang diunggah oleh salah satu pendirinya, Jawed Karim dengan username jawed pada 23 April 2005 pukul 20.27. Situs ini juga melahirkan banyak artis, baik internasional seperti Justin Bieber maupun lokal seperti Sinta dan Jojo.

Google
Berapa banyak dari kamu yang kalau mencari tahu sesuatu selalu lewat om Google? Google yang didirikan pada 4 September 1998 oleh dua mahasiswa Stanford University, Lary Page dan Sergey Brin di Menlo Park, California ini adalah situs mesin pencari paling populer di dunia.

Di Indonesia, Google sering disapa mbah atau om oleh netizen maupun masyarkat awam. Pesaing Google antara lain adalah Yahoo Search dan Bing(dulu MSN)milik Microsoft. Nama Google berasal dari kata Googol, yaitu angka 1 diikuti 100 angka nol. Kantor pusat Google ada di Googleplex di Mountain View, California, Amerika Serikat. Google sebenarnya sudah dimulai sejak Januari 1996 namun kala itu sebagai PageRank.

SilverQueen
Santai belum lengkap tanpa...Silver Queen. Slogan produk yang diproduksi PT Ceres, Bandung ini sudah melekat di ingatan masyarakat kita, begitu pula produknya. Merek coklat batangan yang mengandung kacang mede, kismis, atau coklat batangan polos menjadi merek yang paling dikenal di Indonesia dan menjadi merek generik untuk coklat batangan. Desain kemasannya juga ditiru oleh beberapa pesaingnya.

PYLOX

Di Indonesia, cat semprot seling disebut sebagai Pylox yang berasal dari merek cat semprot produksi Nippon Paint. Di toko cat, sering kita temukan papan produk bertuliskan Pylox dan bukannya Cat Semprot. Malah orang lebih sering menyebut Pylox ketimbang nama aslinya.

Bajaj

Kendaraan ini disebut Bajaj merujuk pada perusahaan yang memproduksinya di India yaitu Bajaj Auto.

Bajaj pertama kali diimpor dari India ke Indonesia pada 1975 untuk menjadi pengganti becak yang dilarang beroperasi semenjak zaman gubernur Ali Sadikin(meski sampai sekarang masih beroperasi secara "liar" di wilayah pinggiran Jakarta). Suara mesin, ban dan roda bajaj mirip dengan skuter atau Vespa. Bajaj begitu populer di Jakarta sehingga dulu sempat ada serial televisi terkenal yang berkisah tentang kehidupan keluarga seorang supir bajaj yang kocak berjudul Bajaj Bajuri di Trans TV.

Swallow/ Sun Swallow

Di Indonesia, sandal jepit merek Sun Swallow sangat terkenal dan menjadi merek generik untuk sandal jepit. Harga yang murah(Rp10.000 - Rp.15.000), desain yang sederhana namun menarik(dengan pilihan warna pada penjepit kaki), dan mudah didapatkan membuatnya begitu populer.

angan lupa lihat juga Di Indonesia,Benda-benda ini Lebih Dikenal dengan Nama Mereknya versi 1 dan versi 2
  • Komentar melalui Google
  • Komentar lmelalui Facebook

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Di Indonesia,Benda-benda ini Lebih Dikenal dengan Nama Mereknya (3) Rating: 5 Reviewed By: idussalam
Scroll to Top