728x90 AdSpace


Terbaru
Loading...
Tuesday, March 10, 2015

Pedoman Tak Tertulis dalam Memakai Internet

Memakai fasilitas internet tentunya memiliki aturan tertentu yang tidak seharusnya dilanggar. Aturan tersebut bisa berupa aturan yang dikeluarkan oleh negara maupun aturan dari sebuah provider atau aturan yang lainnya.

Aturan tersebut bisa berupa larangan mengakses konten tertentu atau mengakses halaman tertentu. Biasanya aturan itu dibuat demi kebaikan kita.

Tahukah kamu, selain aturan-aturan tertulis tersebut, ada beberapa aturan tidak tertulis yang harus kita perhatikan dan kita patuhi. Apa saja aturan tersebut?

1. Persiapkan diri kamu

Berbagai macam konten dan pengguna internet di dunia ini. Ada yang baik. Tidak sedikit pula yang buruk. Dari keberagaman itu kamu harus siap menghadapi kemungkinan-kemungkinan terburuk yang akan terjadi di internet. Seperti pembully-an di forum, berinteraksi dengan orang tak dikenal yang mungkin bisa berbuat jahat pada kita.

Sering kita dengar di berita bahwa seseorang diperkosa oleh teman Facebooknya. Seseorang ditipu puluhan juta rupiah karena terbuai oleh teman Chattingnya. Terlepas dari benar atau tidaknya berita tersebut, hal itu merupakan peringatan bahwa di internet ini banyak hal yang dapat membahayakan kita.

2. Berpikirlah sebelum memposting sesuatu di internet

Pengguna internet yang banyak dan berbagai macam, memiliki maksud dan pikiran yang bermacam-macam pula. Berpikir sebelum menuliskan sesuatu di internet sehingga tidak menimbulkan perpecahan atau tersinggungnya seseorang. Banyak kejadian seseorang yang mengoceh di internet akhirnya dibawa kejalur hukum karena dianggap mencemarkan nama baik atau pelanggaran yang lainnya.

Selain itu, berhati-hatilah mengupload file multimedia seperti foto maupun video. Hindari mempublikasikan hal-hal yang bersifat pribadi maupun hal yang mengundang seseorang untuk berbuat jahat. Bahkan foto biasa sekalipun terkadang sering banyak orang menyalahgunakannya untuk hal yang tidak terpuji.

3. Don't Feed the Trolls

Istilah internet trolls adalah ungkapan untuk seseorang yang menabur perselisihan di Internet dengan memulai argumen atau orang-orang yang menjengkelkan, dengan posting menyinggung, aneh, atau di luar topik pesan dalam komunitas online seperti newsgroup, forum, chatroom, atau blog yang dengan sengaja memprovokasi pembaca untuk membuat respons emosional atau sebaliknya yang menggangu diskusi tentang suatu topik.

Internet trolls ini bisa kita temukan dimana saja dan kapan saja, tak peduli itu di media sosial maupun di forum yang membahas hal-hal yang spesifik. Disarankan untuk tidak terpancing dengan perilaku orang seperti ini.

4. Jangan Mudah Percaya Opini 

Banyak orang yang mempergunakan internet ini untuk menjaring massa atau menggiring opini. Dengan jumlah pengguna yang banyak dan proses penyebaran yang mudah tentunya internet merupakan tempat yang tepat untuk mereka. Tak peduli hal yang mereka sebarkan itu adalah fakta ataupun sebuah fitnah. Intinya jangan mudah terbawa arus oleh hal-hal yang berbau pembentukan opini. Biasakan crosscheck kembali info-info yang didapat di internet.

5. Pergunakan tutur kata yang sopan

Jangan karena orang yang kita ajak bicara jauh dengan kita lantas kita mengabaikan norma-norma kesopanan. Penggunaan bahasa di internet sekarang sudah tidak memandang tutur kata yang sopan. Lebih sering pengguna internet menggunakan kata-kata hinaan atau hujatan dan dianggap hal yang wajar. Padahal dengan tutur kata yang sopan, internet ini akan terasa lebih bermanfaat.

6. Buka Pikiranmu

Di internet, ilmu apapun dapat kita temukan. Pengguna internet pun tidak semuanya buruk, banyak juga mereka yang memiliki ilmu yang lebih dari kita. Banyak pengguna internet yang berbagi tips kesuksesannya di internet. Cobalah pelajari hal-hal yang sebelumnya tidak kita ketahui. Tapi tetap harus tetap di zona yang dibenarkan dan bertanggung jawab.
  • Komentar melalui Google
  • Komentar lmelalui Facebook

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Pedoman Tak Tertulis dalam Memakai Internet Rating: 5 Reviewed By: idussalam
Scroll to Top