Maeklong, Thailand
Kereta Napier - Gisborne, New Zealand
Di New Zealand, ada sebuah rel kereta yang digunakan oleh
kereta tujuan Napier – Gisborne yang jalurnya memotong Bandara Gisborne
(Gisborne Airport). Kereta harus berhenti terlebih dahulu untuk meminta izin
dari menara kontrol Bandara untuk memastikan landasan dalam keadaan kosong. Di
sana, pemandangan kereta uap tahun 1939 sudah hal yang umum.
The Tren a las Nubes, Argentina
The Tren a las Nubes (Kereta menuju awan) adalah layanan
kereta wisata di Provinsi Salta, Argentina. Layanan ini berjalan di sepanjang
bagian timur garis C-14 Ferrocarril
General Manuel Belgrano, menghubungkan Argentina Northwest dengan perbatasan
Chili di pegunungan Andes. Jalur Kereta ini terletak pada lebih dari 4.220
meter (13.850 kaki) di atas permukaan laut, sehingga menjadi jalur kereta api
tertinggi ketiga di dunia. Awalnya dibangun karena alasan ekonomi dan sosial. Namun
sekarang menjadi obyek wisata sebagai kereta api warisan.
Jalur kereta api ini memiliki 29 jembatan, 21
terowongan, viaduk 13, 2 spiral, dan 2 zigzag. Karena didesain tidak memakai sistem rack-and-pinion
untuk traksi, rute harus dirancang untuk menghindari tanjakan curam. Para
zigzag memungkinkan kereta api untuk mendaki, perjalanan naik-turun sejajar
dengan kemiringan gunung.
The Tunnel of Love, Ukraina
The Tunnel of Love adalah salah satu jalur rel kereta yang
indah di Klevan, Ukraina. Rel kereta api sepanjang tiga kilometer yang mengarah
ke pabrik papan serat. Kereta yang melewati tempat ini lewat tiga kali sehari
untuk mengantarkan kayu ke pabrik. Pohon-pohon membuat terowongan hijau, yang
menarik banyak pasangan, serta fotografer untuk mengabadikan kesempatan
tersebut.
Dikatakan juga bahwa jika kamu dan kekasihmu datang ke
Tunnel of Love ini dan membuat permohonan yang tulus, maka permohonannya itu
akan terwujud.
Trans-Siberia, Rusia
Trans-Siberian Railway adalah jalur kereta api yang
menghubungkan Moskow dengan Wilayah Timur Terjauh dari Rusia dan Laut Jepang.
Ini adalah jalur kereta api terpanjang di dunia. Dari jalur ini, ada jalur yang
menghubungkan ke Mongolia, China, dan
Korea Utara. Jalur ini telah menghubungkan Moskow dengan Vladivostok sejak 1916
dan masih terus berkembang sampai sekarang.
Konstruksi Full-time Trans-Siberian Railway dimulai
pada tahun 1891 dan termasuk program dan pengawasan dari Sergei Witte, yang
saat itu menjabat Menteri Keuangan. Pengerjaannya mirip dengan First Transcontinental
Railroad di Amerika Serikat, yakni memulai pembangunan di kedua ujungnya yang
berjalan menuju titik tengah.
The Landwasser Viaduct, Swiss
Swiss adalah negara yang memiliki pegunungan yang luas.
Sebelum abad ke-19, daerah pegunungan berarti sulit untuk melakukan perjalanan ke
tempat lain, akibatnya komunikasi pun terhambat. Pada abad ke-19 dan ke-20, Insinyur
kereta api Swiss dipaksa untuk inovatif, imajinatif, dan berani untuk membangun
sistem kereta api gunung yang kompleks dan efisien. Hal ini karena tidak hanya
perencanaan dan membangun rute pegunungan yang sulit, tetapi juga harus
membangun banyak jembatan dan terowongan yang dibutuhkan untuk menyeberangi daerah
pegunungan yang ekstrim. Sampai sekarang, Swiss masih berinvestasi
besar-besaran untuk jalur kereta api mereka,hal ini membuatnya menjadi salah
satu yang paling efisien dan maju di dunia.
0 komentar:
Post a Comment