728x90 AdSpace


Terbaru
Loading...
Sunday, December 13, 2015

Tips Dari Wanita Jepang Agar Tidak Mudah Gemuk

Belajar tidak mudah gemuk dari wanita jepang
Mungkin kita sulit menemukan wanita-wanita di Jepang dengan tubuhnya yang gemuk atau berlebihan berat badan. Jika kita lihat, wanita di sana memiliki postur tubuh dengan berat badan yang tidak terlalu berlebihan. Hal ini tentu ada faktor kebiasaan dari wanita Jepang yang membuat mereka tidak mudah gemuk. Berikut adalah beberapa kebiasaan wanita di Jepang yang bisa kita tiru dan diaplikasikan sehari-hari.

Bahan dasar makanan hanya ikan, kedelai, beras, sayuran dan buah

Bahan makanan di Jepang

Jika kita pernah mengunjungi restoran dengan menu makanan khas Jepang, tentu kita akan menemukan bahan-nahan makanan yang disebutkan di atas. Makanan di sana sangat rendah sekali lemak, dan tinggi serat.

Porsi yang relatif sedikit

Makanan Jepang dengan porsi sedikit

Kebanyakan orang Indonesia sering menganut kepercayaan kalau makanan yang direkomendasikan itu adalah makanan dengan porsi banyak dan murah. Warteg, warung sunda, RM Padang dan warung makan lainnya pasti bakal lebih laku jika memberikan pembelinya porsi yang banyak dibanding dengan yang memberikan porsi sedikit. Namun hal ini berbanding terbalik dengan kebiasaan di negeri matahari sana. Mereka memiliki kebiasaan makan dengan porsi yang relatif sedikit dibanding orang Indonesia. Hal ini tentu membuat orang jepang tidak mudah mengalami penambahan berat badan.

Cara memasak

Makanan di Jepang dengan memasak yang tidak terlalu lama

Pada masakan-masakan khas jepang, kita pasti sering menemukan makanan yang direbus, dikukus, dipanggang, dan ditumis. Jarang sekali makanan yang digoreng. Sekalipun ada, cara menggorengnya pun relatif sebentar dibanding masakan Indonesia. Selain itu, orang jepang juga memiliki kebiasaan memakan makanan yang masih segar dan menghindari memasak makanan dalam waktu lama. Hal ini tentu membuat kandungan gizi dalam makanan tersebut tetap terjaga dan tidak terlalu mengandung banyak lemak dari proses memasak.

Makan nasi dan jarang makan roti

Nasi lebih dipilih daripada roti

Ternyata orang-orang Jepang sangat gemar makan nasi dibandingkan dengan roti. Berbeda dengan negara-negara lain. Orang Jepang memilih nasi untuk dimakan setiap hari dan menghindari makanan-makanan yang berbahan tepung seperti roti.

Sarapan dengan porsi yang tidak terlalu banyak

Sup Miso

Di Jepang, sarapan dianggap sangat penting dan disajikan dengan berbagai hidangan kecil. Semangkuk sup miso atau kadang disertai omurice (semacam telur dadarberisi nasi) sering dinikmati pada pagi hari sebelum beraktivitas. Hal juga ini tentu membuat orang jepang dapat menjalani harinya dengan penuh energi namun tidak mengantuk karena terlalu banyak makan.


Tidak ada makanan penutup

Makanan penutup tidak ada di Jepang

Makanan penutup biasanya berupa eskrim ataupun sandwich. Namun berbeda dengan orang Jepang. Di sana memiliki kebiasaan tidak menyediakan makanan penutup. Kalaupun ingin memakan makanan yang biasa disajikan sebagai makanan penutup, mereka memilih memakannya di saat antara waktu makan,


Saat berat badan naik, orang Jepang akan lebih aktif

Aktif membuat anda lebih langsing

Meski tidak seobsesif wanita Barat, orang Jepang akan berlatih keras saat berat badannya naik. Meraka akan berjalan kaki ke mana-mana dan aktif dalam berbagai kegiatan.

Kecap Rendah Kalori

Kecap rendah kalori

Pasti anda sering melihat kan bagaimana orang Jepang mengonsumsi makanan ditambah dengan kecap? Nah, ini juga salah satu rahasia yang dimiliki oleh orang Jepang agar bisa tetap langsing. Masyarakat Jepang juga mengonsumsi kecap 10 kali lebih banyak dibandingkan dengan masyarakat di Negara lain. Tapi, kecap yang digunakan di sini adalah kecap dengan kandungan rendah lemak dan kalori, serta mengandung protein yang tinggi.

Tidak Suka FastFood

Orang jepang tidak suka fastfood 

Orang-orang jepang memiliki menu makanan yang sangat beragam dan warna warni. Mereka lebih suka makan sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, sea food dan makanan-makanan lain ketimbang makanan fastfood ala-ala barat. Fastfood adalah makanan yang kandungan gizi dan nutrisinya sangat-sangat sedikit dan jumlah kalorinya tinggi. Jadi, Kurangi makan fastfood kalau ingin langsing!


Mengunyah makanan Perlahan

Makan dengan perlahan

Orang Jepang terbiasa mengunyah makanan perlahan. Rupanya, hal itu berdampak baik untuk menjaga berat badan karena mengunyah lebih lama memberi sugesti kenyang lebih cepat pada tubuh.Perlu Anda ketahui, sinyal otak yang memberi tahu rasa kenyang bekerja selangkah lebih lambat dibanding cara kita makan. Sehingga, jika makan dengan cepat, pada saat Anda tahu bahwa Anda telah kenyang, Anda sudah telanjur makan terlalu banyak.Jika makan dengan perlahan, Anda tahu bahwa Anda sudah kenyang di waktu yang tepat. Anda pun akan berhenti sebelum Anda makan terlalu banyak.


Makan dengan sumpit
Makan dengan sumpit

Jika Anda ingin belajar makan lebih lambat, cobalah meniru kebiasaan orang Jepang makan dengan sumpit. Tidak mudah makan dengan sumpit sehingga Anda jadi makan lebih lambat dari biasanya. Makanan yang dapat terambil dengan sumpit pun lebih sedikit dibanding suapan menggunakan sendok.
  • Komentar melalui Google
  • Komentar lmelalui Facebook

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Tips Dari Wanita Jepang Agar Tidak Mudah Gemuk Rating: 5 Reviewed By: idussalam
Scroll to Top