728x90 AdSpace


Terbaru
Loading...
Friday, June 19, 2015

Menu Sahur ini Membuat Puasa Anda lebih Kuat

Setelah admin memberikan tips menghadapi lelah dan lemas pada puasa hari pertama, admin akan memberikan tips menu sahur agar puasa anda kuat. Makan sahur adalah salah satu rangkaian dalam ibadah puasa. Meskipun kedudukan hukumnya bukan wajib, namun sahur ini sangat penting dan disarankan dilakukan oleh Rasulullah.

Makan sahur dianjurkan karena hal itu mempengaruhi kuat atau tidaknya puasa pada siang hari. Untuk bisa menahan lapar selama seharian penuh, menu makan sahur yang tepat sangatlah penting. Karena makan sahur menjadi sumber nutrisi dan energi anda di siang hari.

Ingin tahu menu apa yang tepat dimakan pada saat makan sahur? Berikut adalah menu-menu sahur agar puasa anda lebih kuat.

1. Sayur-sayuran

Berbagai jenis sayuran seperti bayam, brokoli, wortel, dan kacang panjang kaya akan serat. Serat tergolong dalam karbohidrat kompleks yang sulit dicerna oleh tubuh, namun demikian sangat penting untuk menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh. Sebagai menu santapan untuk sahur, Anda bisa menjadikan sayur-sayuran tersebut sebagai lalap, direbus, dikukus, atau bisa juga ditumis.

2. Buah-buahan

Sisakan waktu yang tersisa sebelum imsak untuk mengonsumsi buah-buahan. Serat yang terkandung dalam buah tidak bisa dicerna sehingga mampu merangsang lambung bekerja lebih lama menghancurkan makanan. Semakin lama makanan berada di lambung, semakin lama juga perasaan kenyang yang ditimbulkan. Anda bisa mencoba buah-buahan seperti pisang, apel, dan pir untuk sahur.

3. Daging sapi rendah lemak

Menurut hasil penelitian terkini, diet tinggi protein dan rendah lemak bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur. Anda bisa mengolah daging sapi yang telah dibuang lemaknya menjadi santapan sahur yang lezat.

4. Ikan

Ikan kaya akan protein sehingga cocok untuk lauk sahur. Sebaiknya ikan jangan digoreng karena akan menambah lemak. Anda bisa mengolah ikan dengan dipepes atau dibuat sup sebagai cara penyajian ikan yang lebih sehat.

5. Susu kedelai

Jika Anda tidak sempat bersantap sahur dengan makanan lengkap, Anda bisa minum susu kedelai. Protein yang ada dalam susu kedelai cukup tinggi, sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

6. Sari kacang hijau

Sari kacang hijau juga tinggi kandungan proteinnya. Selama bulan puasa, sediakan selalu sari kacang hijau siap minum di kulkas. Jika sewaktu-waktu Anda bangun ternyata sudah menjelang imsak, Anda bisa meneguk nikmatnya minuman sari kacang hijau dan Anda pun akan kuat menahan lapar hingga azan magrib berkumandang.

Semoga informasi tentang Menu Sahur ini dapat membuat puasa anda di bulan ramadhan ini lancar dan kuat. Amiin
  • Komentar melalui Google
  • Komentar lmelalui Facebook

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Menu Sahur ini Membuat Puasa Anda lebih Kuat Rating: 5 Reviewed By: idussalam
Scroll to Top